Tips Memperhitungkan Keuangan di Setiap Keadaan

Tips Memperhitungkan Keuangan di Setiap Keadaan

Pulsapedia.com | Memperhitungkan Keuangan di Setiap Keadaan - Memiliki keuangan yang terstruktur rapi dan tersusun sedemikian rupanya adalah keinginan setiap orang. Setiap orang di antara kita tentu ingin mengelola keuangannya dengan baik, kita ingin memiliki banyak pendapatan dan sedikit pengeluaran di setiap waktunya. Karena apa? Dengan mengatur keuangan yang baik dan tersusun rapi itulah yang membuat kita bisa sukses dan terus meraih keuntungan yang banyak. Jika kita memang berniat untuk mengatur keuangan kita maka sebenarnya itu adalah awal dari suatu kesuksesan, kita harus memiliki niat yang tulus dan ikhlas untuk mengelola keuangan kita dengan baik, kita harus berniat untuk tidak melakukan pemborosan yang berlebihan terhadap segala sesuatu.
Karena memang untuk mengatur keuangan itu susah-susah gampang, susahnya ialah jika kita memang harus mengeluarkan banyak uang di saat kita juga sedang mengumpulkan uang. Dan gampangnya ialah jikalau kita sudah terbiasa mengelola keuangan kita tersebut. Tetapi jikalau kita iringi niat kita dengan kerja keras dan usaha yang maksimal maka kita akan mengelola keuangan kita dengan tertata rapi dan baik. Jangan melihat sulitnya dulu, jangan terfokus kepada beban berat yang akan kita hadapi di masa depan nanti. Yang harus kita fokuskan adalah enjoy untuk menikmati setiap kegiatan kita agar kondisi keuangan kita bisa kita rawat dengan sebaik-baiknya.

Sudah menjadi keharusan dan kewajiban bagi kita untuk memperhitungkan setiap kondisi keuangan kita di setiap keadaannya. Jangan sampai gara-gara kita sibuk dengan kegiatan kita jadinya keuangan kita jadi tidak terkendali lagi dan pada akhirnya semua akan gagal total. Jikalau seseorang memang tidak bisa mengendalikan dirinya itu juga sulit, karena di saat tidak ada yang bisa membantunya untuk mengendalikan dirinya itu bisa berbahaya, keuangannya yang sudah tersusun rapihnya bisa saja kembali acak-acakan atau bisa dikatakan hancur. Maka dari itu juga kita harus belajar untuk mengendalikan diri kita. Mengendalikan apa? Mengendalikan kita terhadap semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, entah itu berbelanja, memperbaiki barang-barang kita yang rusak atau untuk keperluan-keperluan lainnya.

Memperhitungkan keuangan kita di setiap keadaan bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara yang sangat efektif adalah dengan selalu mempertimbangkan setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Jikalau ada pemasukan yang terjadi kita harus pandai-pandai menyisihkannya dan menyimpannya, jangan semua kita gunakan untuk keperluan-keperluan kita. Sedangkan jikalau ada pengeluaran yang terjadi, maka kita harus pandai-pandai untuk mengelola uang yang ada untuk dikeluarkan, entah itu mempertimbangkan uang yang keluar dengan hal yang akan kita beli, misalnya membeli sepatu yang tidak usah terlalu berkualitas, akan tetapi memang cukup bagus dan harganya lebih terjangkau.

Kita harus mempertimbangkan segala hal yang ada, apalagi misalnya terjadi hal-hal tidak terduga misalnya ban mobil kita bocor, kebutuhan keluarga kita untuk berbelanja, kebutuhan jajan untuk anak kita dan lain sebagainya. Apalagi jikalau misalnya anggota keluarga kita ada yang sakit atau bahkan kita sendiri yang sakit, di saat itu kita bisa saja melakukan apa saja di luar kendali kita, akan tetapi kita harus juga mempertimbangkan kondisi uang kita. Memang kesehatan itu harus kita dapatkan meskipun dengan mengeluarkan uang yang banyak. Akan tetapi jika kita bisa mengelolanya dengan baik maka kita bisa sehat dengan pengeluaran yang sedikit. Itulah yang harus kita lakukan, jangan pernah melakukan sesuatu di luar kendali kita meskipun kemungkinannya akan tetap ada.

Jikalau kita sudah terbiasa untuk memperhitungkan keuangan kita di setiap keadannya, maka keuangan ita akan tertata dan tersusun dengan baik. Kalau sudah seperti itu, maka untuk mengeluarkan sedikit uang saja kita harus memikirkan banyak hal. Memang tidak mudah awalnya, apalagi pasti ada saja cobaan yang berusaha menghadang di depan kita. Kita harus melalui banyak hal dan banyak rintangan demi mengelola keuangan kita. Jikalau tidak pandai-pandai menggunakan dan mengontrolnya maka siap-siaplah kita akan menjadi bangkrut dan memiliki banyak pengeluaran yang tidak bisa kita tanggung lagi. Kalau sudah terjadi maka bayang-bayang kemiskinan sudah ada di depan kita. Memang kaya dan miskin itu takdir Tuhan, tetapi Tuhan tidak akan merubah nasib ataupun keadaan kita jikalau kita sendiri tidak mau untuk merubahnya.

1 Response to "Tips Memperhitungkan Keuangan di Setiap Keadaan"

  1. artikel yang sangat bermanfaat buat kami yang pas-pasan :) |o|

    Mampir ke Blog saya juga ya buat baca-baca tentang android dan fotografi di www.webkeren.net sama buat baca-baca seputar kehamilan di www.hamilbayi.com

    ReplyDelete

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan Pulsapedia.com. Kami berhak tidak menayangkan, menghapus, atau mengubah, setiap komentar yang mengandung pelecehan, intimidasi, dan sara.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel