Top User

Mau Sukses? Ayo Keluar Dari Zona Nyaman Sekarang

shape image

Mau Sukses? Ayo Keluar Dari Zona Nyaman Sekarang

Mau Sukses? Ayo Keluar Dari Zona Nyaman Sekarang

Udah bosen kali ya dengar istilah “comfort zone” atau “zona nyaman”? Di mana-mana orang termasuk motivator-motivator bilang, kalau mau maju dan berkembang, ya harus keluar dari zona nyaman.
Tapi jika Anda mengerti apa yang telah dikatakan oleh para Motivator tentang Zona Nyaman, pasti Anda akan melakukannya. Karena jika kamu melakukan hal itu, Anda akan merasakan sesuatu yang beda. Namun kebanyakan orang tidak berani keluar dari zona nyaman itu, entah takut tidak menemukan hal yang lebih baik atau memang sudah terlalu nyaman di zona itu.

Beberapa orang, tanpa perlu dikasih pidato panjang lebar tentang zona nyaman, sejak dulu sudah menerapkan nasihat ini. Mereka adalah orang-orang yang senang mengambil risiko dan selalu haus pengalaman atau pengetahuan baru. Orang-orang kayak gini nih, yang biasanya punya wawasan dan pertemanan luas, karena selalu mencoba keluar dari status quo.

Menurut Siebold jika Anda ingin kaya raya, Anda harus siap dengan dengan situasi yang tidak nyaman.

"Orang besar tahu ada harga yang harus dibayar untuk menjadi kaya, tetapi jika mereka memiliki ketangguhan mental untuk menahan rasa sakit sementara, mereka dapat menuai hasil kekayaan berlimpah untuk sisa hidup mereka. " terang Siebold.

Well, kalau dipikir-pikir sekilas, bener juga, buat apa sih bercapek-capek struggle untuk mencari zona baru kalau yang sekarang udah enak? Sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa kita harus terus menantang zona nyaman kita:

1. Supaya jadi orang yang open-minded

Misalnya, lo anak IT yang selama ini jago banget masalah coding-codingan. Tapi, lo gak pernah mau belajar tentang bisnis atau marketing. Tahunya cuma bikin app aja, ya nanti yang promosiin biarin yang bisa marketing aja.

Nah, kalau lo coba sekali-kali keluar dari comfort zone dan coba belajar bisnis dan marketing, pikiran lo akan jadi lebih terbuka bahwa suatu aplikasi bukan cuma melulu masalah teknis, tapi lo juga mesti mikirin user experience, perilaku konsumen, dan lain-lain.

Sama juga dengan anak bisnis, bolehlah sekali-kali belajar coding HTML dasar, biar tahu gimana sistem bekerja. Keluar dari comfort zone termasuk belajar hal-hal baru bikin lo punya sudut pandang yang lebih luas dan strategis.

2. Untuk menginspirasi orang lain

Manusia itu makhluk sosial, gak bisa hidup tanpa satu sama lain. Makanya kita selalu saling tolong-menolong dengan saudara, teman, tetangga. Kalau lo sekali-kali mencoba sesuatu di luar zona nyaman lo, lo akan punya kisah hidup yang menarik untuk diceritakan, dan bisa menginspirasi orang-orang untuk push their boundaries. Dengan kata lain, lo juga menolong orang yang mungkin lagi krisis dari hidupnya melalui bukti bahwa gak apa-apa kok mengambil risiko sekali-kali.

3. Biar lebih tahan banting, amit-amit kalau ada masalah

Mungkin hidup lo masih kerasa enak sekarang. Tapi siapa yang tahu di masa depan lo akan menghadapi suatu struggle yang besar. Itulah mengapa, anggap aja keluar dari comfort zone sebagai latihan lo buat jadi lebih tahan banting.

Saat ngambil risiko dan melakukan hal di luar batas kemampuan lo, otak lo dipaksa berpikir untuk problem solving di zona yang benar-benar gak familiar bagi lo. Ini bikin lo jadi orang yang lebih strong menghadapi segala situasi.

Selengkapnya silahkan baca di Google News
© Copyright 2018 - 2024 Pulsapedia.com

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now