Top User

Cara Memulai Bekerja di Luar Negeri Dengan Aman

shape image

Cara Memulai Bekerja di Luar Negeri Dengan Aman

Pulsapedia.com - Memahami cara bekerja di luar negeri dengan aman sangat penting bagi Anda yang berminat. Tidak sedikit orang yang melamar kerja di luar negeri namun tidak berhasil mendapatkan berangkat dan mendapatkan pekerjaan. Bahkan beberapa diantaranya malah terkena penipuan.
Cara Memulai Bekerja di Luar Negeri Dengan Aman
Tidak sedikit perusahaan bodong yang mengklaim bisa memfasilitasi Anda bekerja di luar negeri dengan iming-iming gaji besar. Namun mereka hanya meminta biaya administrasi dan hilang tanpa jejak setelahnya. Banyak sekali calon pekerja yang menjadi korban penipuan seperti ini.


Bagi Anda yang berminat meniti karir di luar negeri, pastikan untuk melakukan pertimbangan dengan matang. Jangan sembarangan dalam mengeluarkan uang adm ketika berhadapan dengan sponsor. Analisa terlebih dahulu kredibilitas mereka sebelum membuat keputusan.

Mengapa Banyak Masyarakat Indonesia yang Bekerja di Luar Negeri?

Bagi Anda yang sedang mencari cara bekerja di luar negeri dengan aman, pasti Anda tahu kalau saat ini ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri. Mayoritas dari mereka bekerja di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Namun tidak sedikit juga bekerja di negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab, Bahrain, dan negara timur tengah lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak juga tenaga kerja Indonesia yang berkarir di negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan beberapa negara di Eropa.

Pernahkah Anda berpikir kenapa ada banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri, tapi tapi hanya sedikit sekali tenaga asing bekerja di negara ini? Alasan utamanya adalah karena kesejahteraan pekerja itu sendiri.

Ketika Anda bekerja di luar negeri, ada potensi penghasilan yang sangat besar. Kisaran gaji di Indonesia dan di luar negeri memang sangat jauh. Di negara tetangga seperti Malaysia saja, seorang asisten rumah tangga bisa mendapatkan gaji di angka Rp 10 juta per bulannya. 

Hal ini berbeda jauh dengan S1 fresh graduate di dalam negeri yang mendapatkan gaji di kisaran 5 hingga 7 juta saja di tahun pertamanya bekerja. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa ada banyak sekali tenaga kerja Indonesia yang berkarir di luar negeri saat ini.

Cara Bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Untuk Anda yang berencana bekerja di luar negeri, ada beberapa cara yang harus dipertimbangkan sejak awal. Tujuannya agar pencarian pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. 

Memahami cara-cara yang akan kami jelaskan disini juga akan membantu Anda untuk menghindari resiko calon TKI yang sering terjadi beberapa waktu belakangan ini. Lantas apa saja cara-cara tersebut? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pahami Regulasi Keberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI)
Cara bekerja di luar negeri dengan aman yang pertama adalah memahami regulasi dari keberangkatan ke luar negeri itu sendiri. Memahami hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sejak awal. Jangan sampai Anda pergi ke luar negeri tanpa memahami regulasinya.

Kebanyakan calon PMI menjadi korban penipuan karena mereka tidak memahami regulasi keberangkatan dengan baik. Jika memahaminya secara detail, Anda bahkan bisa menentukan apakah sosok yang menawarkan pekerjaan bisa dipercaya atau tidak.

2. Kredibilitas dari Sponsor Anda
Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, mengenali kredibilitas dari sponsor Anda juga tidak kalah penting ketika hendak mencari kerja di luar negeri. Pilihlah perusahaan yang memiliki legalitas dan terdaftar di pemerintah. Ini merupakan cara bekerja di luar negeri dengan aman lainnya.

Sebisa mungkin Anda harus berkomunikasi dengan sponsor atau perusahaan secara langsung. Jangan percaya dengan jasa calo yang mengklaim bisa memfasilitasi keberangkatan Anda ke luar negeri dengan persyaratan yang mudah.

3. Kenali Pekerjaan yang Hendak Dilakukan
Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sejak awal adalah pekerjaan apa yang hendak Anda lakukan nantinya. Setiap orang memiliki skill yang berbeda. Tentunya pekerjaan yang dipilih harus sesuai dengan skill Anda.

4. Sesuaikan Skill dengan Tujuan Anda
Jika Anda memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan skill selama ini, pastikan untuk mendalami skill di pekerjaan tersebut secara mendalam sebelum berangkat. Perlu diingat, standar kerja di negara maju berbeda jauh dengan negeri ini. Inilah cara bekerja di luar negeri dengan aman selanjutnya.

5. Persiapkan Mental dan Fisik dengan Baik
Jangan hanya menyiapkan skill saja, Anda juga harus mempersiapkan mental dan fisik dengan baik. Ketika Anda melamar kerja di luar negeri, ada banyak rangkaian tes fisik dan kesehatan yang akan dihadapi nantinya. Jangan sampai ada kecewa karena gagal dalam menghadapi ujian tersebut.

6. Siapkan Biaya Keberangkatan Sejak Awal
Tidak kalah penting, cara bekerja di luar negeri dengan aman lainnya adalah mempersiapkan biaya keberangkatan Anda sejak awal. Meskipun ada beberapa perusahaan sponsor yang menanggung biaya keberangkatan pada pegawainya, Anda harus tetap memiliki bekal untuk pribadi.

7. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan
Terakhir, pastikan juga untuk mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dalam proses keberangkatan itu sendiri. Siapkan semuanya sejak awal agar proses keberangkatan Anda berjalan dengan lancar.

Keuntungan Bekerja di Luar Negeri
Ketika Anda bekerja di luar negeri, tentu saja ada banyak sekali keuntungan yang akan di dapat. Keuntungan ini juga yang menjadi alasan kenapa ada banyak orang yang berminat melakukannya. Langsung saja, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.
  1. Potensi penghasilan yang lebih tinggi
  2. Sektor pekerjaan yang sangat luas
  3. Peluang untuk mendapatkan pengalaman baru
  4. Mendapatkan jaringan kerja yang luas

Dengan beberapa keuntungan yang sudah kami sebutkan, kini Anda tidak akan ragu lagi untuk berangkat ke luar negeri. Namun pastikan untuk memahami semua cara bekerja di luar negeri dengan aman yang sudah kami jelaskan agar prosesnya jauh lebih lancar.


Selengkapnya silahkan baca di Google News
© Copyright 2018 - 2024 Pulsapedia.com

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now