Top User

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

shape image

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa - Dibulan ramadhan adalah setiap umat muslim diseluruh dunia termasuk Indonesia telah menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh, karena ibadah puasa dibulan ramadhan ini hukmnya wajib, kecuali, tidak diwajibkan orang yang sakit dan wanita yang sedang haid.

Saat siang hari kita telah berpuasa menahan haus, lapar, hingga nafsu. Namun ada moment yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu moment saat berbuka puasa. Karena waktu buka puasa seseorang boleh melakukan makan dan minum.
Artikel ini akan membahas Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa, makanan apa saja yang tergolong sehat saat buka puasa? berikut ini adalah Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa.

1. Kurma - Pada saat bulan puasa seperti ini, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk menu buka puasa kita yang paling pas adalah Kurma. Kenapa demikian ? karena disaat anda menjalankan puasa dan ingin membatalkannya, sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi makanan yang berat terlebih dahulu.

Konsumsilah makanan ringan dan juga manis, agar perut anda tidak kaget nantinya. Kenapa kurma yang dianjurkan ? karena didalam kurma terdapat banyak sekali kandungan positif yang sangat baik untuk tubuh, dan salah satunya mengatasi anemia.

Didalam Kurma mengandung banyak sekali kandungan Zat Besi yang cukup tinggi, maka dari itu buah kurma secara tidak langsung dapat menjadi sebuah suplemen alami untuk penderit anemia. Selain itu, kurma juga mengandung gula alami didalamnya yang bisa mengembalikan energi anda selama berpuasa tadi.

2. Takjil - Seperti halnya dengan kurma tadi, untuk menu buka puasa anda pertama kali juga bisa menggunakan makanan ringan berupa takjil. Makanan ini bisa anda manfaatkan dengan baik untuk membatalkan puasa anda terlebih dahulu.

Namun untuk saran sebaiknya untuk makanan takjil ini adalah buatan anda sendiri, hal itu menjadikan takjil tersebut higienis dan juga bebas perwarna buatan yang nantinya akan membahayakan kesehatan keluarga anda.

Selain itu, takjil buatan anda sendiri pastinya nanti akan menggunakan gula alami dibandingkan yang di jual di jalanan yang tidak jarang menggunakan pemanis buatan. Untuk jenis makanan takjil ini banyak pilihan yang bisa anda manfaatkan nantinya.

Diantaranya seperti sop buah, salad buah, maupun agar-agar yang selain menyehatkan juga bisa menyegarkan rasa dahaga anda nantinya.

Baca juga:
- Tips Agar Stamina Tetap Bugar Saat Puasa

3. Ikan Bakar - Berpuasa ini bisa menjadi salah satu program diet yang sangat efektif lho, dikarenakan kita menahan rasa lapar kita selama berjam-jam yang tidak bisa kita lakukan di waktu lain. Namun jika anda benar-benar ingin diet pastikan pada waktu buka puasa anda makan makanan yang teraur juga.

Salah satu menu buka puasa yang bisa dimanfaatkan oleh anda yang ingin diet adalah ikan bakar. Kenapa memilih ikan ? karena diketahui ikan merupakan lauk yang memiliki lemak sangat rendah. Sehingga makanan ini bisa dijadikan menu buka puasa sehat dan juga lezat.

Untuk menu ikan bakar ini sebaiknya anda menggunakan ikan mas, kakap, gurami, ataupun ikan dorang. Agar hidangan ikan bakar buatan anda ini makin sehat, sebaiknya untuk membakar ikan tersebut anda tidak menggunakan mentega.

Sebagai pengganti mentega anda bisa menggunakan olive oil nantinya. Lalu untuk bumbunya anda bisa mengguakan resep cabe, merica, jeruk nipis, serta sedikit kecap manis. Selain itu, jangan membakar ikan hingga gosong ya agar tidak menyebabkan resiko kanker meningkat nantinya.

4. Sup - Sup merupakan menu buka puasa yang bisa dijadikan andalan disetiap keluarga dirumah, jika dihidangkan saat hangat, maka sup ini bisa menenangkan perut anda setelah seharian berpuasa. Selain itu, sup juga menjadi salah satu hidangan lebih menyehatkan dibandingakn masakan digoreng.

Pastinya, di Indonesia banyak sekali hidangan sop yang bisa kita pilih kan ? dan yang bisa anda jadikan alternatif adalah Sup Ayam.  Selain menyehatkan, Ayam ini nantinya mampu menyediakan asupan protein yang akan diolah tubuh menjadi energi.

5. Tumis Sayuran - Nah buat anda dan keluarga yang memang gemar dengan aneka sayuran, mungkin tumis sayuran ini bisa anda jadikan menu buka puasa yang mantap, lezat, dan pastinya sangat baik untuk menjaga kesehatan keluarga tercinta.

Untuk membuat tumis ini anda bisa memilih berbagai tumbuhan hijau seperti sawi, kangkung, bayam dan lainnya sesuai keinginan anda. Untuk membuat menu ini anda pun juga tidak akan dipusingkan dengan bumbunya nanti.

Membuat tumis sayuran anda bisa menggunakan berbagai bumbu sederhana seperti merica, garam, bawang merah, dan bawang putih nantinya. Selain itu, sebagai pengganti minyak goreng, anda bisa menggunakan olive oil nantinya.

Itulah beberapa Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa, selamat berbuka puasa. :D

Selengkapnya silahkan baca di Google News
© Copyright 2018 - 2024 Pulsapedia.com

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now