Top User

Cara Membuat NFT untuk Pemula, Mudah Banget!

shape image

Cara Membuat NFT untuk Pemula, Mudah Banget!

Pulsapedia.com - Beberapa waktu yang lalu, dunia internet dihebohkan dengan salah satu pemuda dari Indonesia yakni Ghozali Everyday yang berhasil maraup cuan milyaran rupiah dari NFT hanya dengan rutin mengupload foto dirinya sendiri selama kurang lebih 4 tahun. Sebenarnya cara membuat NFT mudah kok, mau tahu? Yuk simak cara membuat NFT untuk pemula berikut!
Cara Membuat NFT  untuk Pemula, Mudah Banget!
Cara Membuat NFT  untuk Pemula, Mudah Banget!
NFT atau non-fungible token yang sedang viral ini, kini mulai banyak dilirik banyak orang dan mereka pun beramai-ramai mulai mencoba peruntungan disini. Hal ini dikarenakan, potensi cuan yang dihasilkan juga tidak main-main.

Kalau kamu memiliki minat dan bakat dalam membuat karya digital, tidak ada salahnya mencoba menjualnya dalam bentuk NFT art, games, musik, ataupun jenis digital yang lainnya. Bisa saja dari sini kamu mendapat cuan yang tidak diduga-duga dari setiap karya yang kamu upload.


Bagi orang yang baru kenal NFT, mungkin hanya tahu tentang membeli NFT saja. Padahal, kita juga bisa membuatnya sendiri, kemudian menjualnya melalui marketplace NFT. Lalu, bagaimana cara buat NFT sih? Yuk cari tahu!

Cara Membuat NFT untuk Pemula

Sebagai pemula, kamu bisa mengikuti tahap demi tahap langkah di bawah ini untuk bisa mulai membuat NFT kamu sendiri. Check it out!

1. Pilih Item yang Akan Dijadikan NFT
Tentukan dulu karya atau aset digital milikmu yang akan kamu jadikan NFT. Pastikan aset tersebut layak jual ya, sebelum benar-benar mempublikasikannya.

Banyak kok jenis aset digital yang bisa kamu jadikan NFT. Beberapa contoh pilihan yang banyak dijual di marketplace diantaranya ada foot, GIF, musik, video game, hingga meme serta hal-hal lain yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk membeli NFT kamu.

Oh iya nih, pastikan juga kamu telah memiliki hak kekayaan intelektual atau hak cipta atas barang atau produk milikmu, sebelum mengubahnya menjadi NFT. Hal ini penting dilakukan, agar kedepannya tidak akan mendapat hal-hal yang tidak diinginkan seperti permasalahan hukum dan legalitas terkait barang yang kamu jadikan NFT tersebut.

2. Tentukan Blockchain
Jika kita mempelajari NFT apalagi ingin mencari cuan tambahan lewat jalur ini, tentu tidak akan lepas sama yang namanya blockchain. Alat pembayaran yang digunakan untuk bertransaksi NFT adalah koin cryptocurrency, karena NFT ini juga termasuk ke dalam aset kripto.

Bisa dikatakan juga, NFT merupakan aset yang memiliki nilai harga fluktuaktif atau naik turun sesuai keadaan marketnya.
Sekilas saja, blockchain sendiri merupakan suatu sistem penyimpanan data digital dengan proteksi keamanan sangat tinggi, yang mendasari perkembangan matau uang atau koin kripto seperti bitcoin, doge, ethereum ataupun yang lainnya.

Nah, untuk NFT sendiri, koin yang digunakan untuk sistem blockchain adalah Ethereum (ETH), karena ETH diklaim memiliki harga cenderung stabil serta didukung oleh marketplace NFT.

3. Tentukan Dompet atau Wallet Crypto
Untuk bisa bertransaksi, kamu harus memiliki wallet atau dompet kripto sebagai tempat penyimpanan saldo uang kripto milikmu. Dalam proses transaksi NFT, kamu tidak bisa menggunakan uang konvensional, jadi harus mengonversikannya dahulu dengan mata uang kripto.

Ada beberapa pilihan jenis wallet kripto yang bisa kamu gunakan seperti AlphaWallet, Trust Wallet, Math Wallet, Coinbase Wallet dan MetaMask. Untuk bisa memilikinya, kamu perlu mendaftar akunnya dahulu dengan mengisikan beberapa data pribadi seperti pada umumnya sesuai identitas masing-masing.

4. Memilih Marketplace NFT Terbaik
Setelah berhasil membuka akun dompet kripto milikmu, selanjutnya kamu tentukan pasar atau marketplace NFT terbaik untuk menjual NFT. Marketplace yang dimaksud disini merupakan suatu platform yang didirikan dan dikembangkan secara khusus untuk menjual aset-aset digital NFT.

Sebenarnya mirip dengan situs e-commerce konvensional pada umumnya, akan tetapi yang berbeda disini yaitu marketplace NFT hanya berfokus untuk produk NFT saja yang diperjualbelikan oleh para investor.

Beberapa contoh marketplace NFT yang banyak digunakan apra artis NFT diantaranya ada OpenSea, Axie Marketplace dan Larva Labs/CryptoPunk. Kamu bisa memilih marketplace mana yang menurutmu pas untuk menjual aset NFT milikmu.

5. Upload dan Atur Harga Aset
Setelah menyelesaikan tahap-tahap sebelumnya, kini saatnya kamu mulai mengupload NFT milikmu di marketplace dan mengatur harganya. Nantinya, apapun jenis produk atau barang yang akan kamu upload, bentuknya akan diubah menjadi aset digital NFT.

Setelah berhasil mengupload, selenjutnya lakukan beberapa hal berikut untuk bisa mulai mendapatkan cuan dari NFT, diataranya:

Jual aset NFT dengan Harga yang Kompetitif
Disini jangan mengatur harga NFT seenaknya sendiri, karena bisa mengurangi minat calon pembeli. Atur asetmu dengan harga terjangkau yang kompetitif dengan aset sejenis milik orang lain. Untuk bisa menarik pembeli, psatikan asetmu memiliki keunikan dan beda dari yang lain.

Atur Batas Waktu Lelang
Berikan batas waktu atau deadline untuk setiap proses lelang. Disini, para calon pembeli memiliki target untuk mengikuti penawaran secara terbuka (open bidding). Jangan lupa untuk rutin memantaunya juga.

Mulai Lelang Tanpa Batas Waktu
Kamu juga diberikan opsi pelelangan aset NFT tanpa ada jangka waktu. Jadi, kamu diberikan kebebasan untuk menutup lelang yang kamu adakan, kapanpun kamu ingin.

Cara Minting Aset Digital Jadi NFT
Minting NFT merupakan suatu proses mengubah aset digital milikmu menjadi koleksi kripto. Artinya, kamu menyipan file tersebut di blockchain. 

Cara Minting NFT di OpenSea
OpenSea menjadi market NFT andalan yang populer dan menjadi pilihan Ghozali Everyday mengupload NFT miliknya. Berikut cara menambahkan NFT ke dalamnya:
  1. Buka akun OpenSea
  2. Buka koleksi yang sebelumnya telah dibuat
  3. Klik Tambah Item Baru
  4. Unggah NFT, beri nama aset NFT tersebut
  5. Isi detail deskripsinya
  6. Klik Create
  7. Selesai…

Nah, itulah cara membuat NFT untuk pemula yang bisa dilakukan dengan tahapan yang simple untuk mencari cuan tambahan dari internet. Tertarik mencoba? Yuk bikin NFT milikmu sekarang!

Selengkapnya silahkan baca di Google News
© Copyright 2018 - 2024 Pulsapedia.com

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now