Top User

Cara Mendapatkan Set Box TV Digital Gratis Dari Pemerintah

shape image

Cara Mendapatkan Set Box TV Digital Gratis Dari Pemerintah

Pulsapedia.com - Lembaga penyiaran publik dan swasta akan membagikan set-top box (STB) gratis kepada publik dalam mendukung program Analog Switch Off (ASO) mulai April 2022.
Cara Mendapatkan Set Box TV Digital Gratis Dari Pemerintah
Dikutip dari Indonesia.go.id Sabtu (3 Mei 2022) setidaknya akan ada 67 juta keluarga miskin menerima subsidi untuk peralatan menonton program televisi digital. 

Dengan dekoder gratis orang yang memiliki TV analog tidak perlu menggantinya dengan yang baru. Cukup instal perangkat dan Anda dapat terus menikmati acara TV digital.

Penggolongan rumah tangga miskin di atas berdasarkan Data Terpadu Jaminan Sosial (DTKS) Kementerian Kesehatan dan Sosial.

Keluarga yang tidak termasuk dalam DTKS kemudian dapat mendaftar dan jika Kemensos mendaftar ke DTKS masyarakat akan mendapatkan dekoder gratis ini karena alat ini termasuk dalam kategori Bantuan di bidang bantuan sosial (Bansos). 


Persyaratan tambahan yang perlu diperhatikan adalah lokasi penerima bantuan STB gratis ini harus berada dalam cakupan area wilayah terdampak ASO. 

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan STB gratis?

Pertama, Warga Negara Indonesia (harus dibuktikan dengan KTP) dan tergolong rumah tangga miskin dan mempunyai televisi (KK sebagai pelengkap).

Kedua, harus terdaftar dalam DTKS Kemensos atau data perangkat daerah di bidang sosial. Yang ketiga, lokasi penerima bantuan harus berada dalam cakupan yang terdampak ASO.

Proses distribusi STB akan dilakukan secara pintu ke pintu (door to door) pada 15 Maret hingga 30 April 2022.

Dalam distribusi STB tersebut, pemerintah akan menggandeng pihak ketiga. Mereka bertanggung jawab secara kontraktual dalam proses penyaluran sekaligus validasi.

Adapun proses distribusi akan dimulai dengan pengiriman logistik STB ke gudang penyelenggara TV digital di 341 kabupaten/kota.

Setelah itu, petugas akan mendistribusikan STB dari pintu ke pintu ke penerima bantuan. Petugas lalu melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan berdasarkan KTP, kartu keluarga, dan kepemilikan TV. Jika data tidak sesuai, maka STB akan dikembalikan ke gudang.

Tahap selanjutnya adalah serah terima STB sekaligus memasang perangkat sampai berfungsi dengan baik. Saat STB telah terinstal, akan muncul kode batang (QR code) pada layar televisi.

Petugas lalu memindai QR code tersebut melalui aplikasi WhatsApp dan menginput nama, NIK/KK, alamat, serta memfoto penerima bantuan dan KTP.

Proses pembagian STB untuk keluarga tidak mampu ini mengacu pada DTKS Kemensos. Menurut data tersebut, sebanyak 6.737.971 rumah tangga miskin tinggal di wilayah terdampak ASO.

Data itu, berisikan detail informasi penerima bantuan, seperti nama, NIK, KK, hingga alamat lengkap.

Pengadaan dan pendistribusian STB untuk rumah tangga miskin dilakukan secara bertahap oleh pemerintah dan penyelenggara multipleksing (operator siaran TV digital).

Sampai awal 2022, pemerintah telah menyiapkan 1 juta unit STB, sementara penyelenggara multipleksing berkomitmen menyediakan 4.177.760 unit STB.

Program ASO dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pada 30 April 2022 untuk 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota, tahap kedua pada 25 Agustus 2022 untuk 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan tahap ketiga pada 2 November 2022 untuk 25 wilayah siaran di 65 kabupaten/kota.

Selengkapnya silahkan baca di Google News
© Copyright 2018 - 2024 Pulsapedia.com

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now