Cara Menabung yang Efektif Walau Penghasilan Kecil

Cara Menabung yang Efektif Walau Penghasilan Kecil

Cara Menabung yang Efektif Walau Penghasilan Kecil - Menabung adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, namun jika kamu ingin memiliki banyak uang selain bekerja dengan gaji yang tinggi, menabung adalah jalan alternatif untuk mewujudkan keinginan kamu.
Penghasilan kecil bisa jadi penghambat kamu untuk mengumpulkan uang, tapi itu bukan masalah besar yang harus kamu hadapi terus-terusan. Coba cara dibawah ini Menabung yang Efektif Walau Gaji Kecil.

1. Jangan menyimpan uang di rumah

Cara pertama yang saya lakukan adalah, dengan tidak menyimpang uang di rumah. Banyak orang masih menggunakan cara lama ini, dengan alasan praktis dan tidak merepotkan. Padahal, menyimpan uang di rumah sangat tidak aman dan memiliki resiko yang besar. Banyak tindak kejahatan perampokan terjadi dikarenakan seseorang menyimpan uangnya di rumah, dan diketahui oleh orang lain, sehingga menggoda orang lain untuk menguasainya.

2. Jangan memegang uang tunai terlalu banyak

Cara kedua adalah dengan tidak membawa uang tunai terlalu banyak. Saya terbiasa membawa uang tunai yang cukup untuk diri saya sendiri, setidaknya untuk 3 hari ke depan. Saya paham betul karakter dan kebiasaan saya bila melihat uang tunai, jadi saya berusaha membatasinya dengan cara tersebut. Ternyata efektif, saya jadi tidak mudah tergoda untuk membelanjakan uang yang saat ini saya bawa.

Baca jugaTips Memperhitungkan Keuangan di Setiap Keadaan

3. Gunakan safe deposit

Cara ketiga, saya tidak menggunakan cara ini, tapi jika Anda terpaksa harus menyimpan uang di rumah dalam jumlah cukup banyak, ada baiknya Anda memiliki safe deposit. Namun, saran saya sebaiknya Anda tidak membeli safe deposit yang berukuran kecil dan ringan. Belilah safe deposit berukuran besar dan berat, yang setidaknya tidak mampu diangkat oleh satu orang. Selain Anda dapat menyimpan uang di dalamnya, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengamankan surat-surat berharga milik Anda, seperti ijazah, sertifikat-sertifikat, dsb.

4. Menginvestasikannya

Cara keempat, investasikanlah sebagian dari uang penghasilan Anda ke dalam bentuk lain yang nilainya tidak mudah berubah, seperti tanah, rumah, polis asuransi atau emas. Meski tidak menyukai mengenakan perhiasan emas, saya mematuhi saja saran dari ibu saya untuk membeli perhiasan emas, menurut beliau saat ini harga emas cenderung naik, jadi bila dibutuhkan dapat dijual kembali sewaktu-waktu dan tidak akan rugi. Saya sangat tidak menyarankan Anda untuk menginvestasikannya ke dalam bentuk perangkat elektronik, seperti HP, TV, komputer, gadget, dsb, karena umumnya perangkat-perangkat elektronik tersebut nilainya langsung turun setelah Anda membelinya, meskipun Anda baru saja membelinya hari itu juga.

5. Belanjakan sesuai kebutuhan

Cara kelima, tentunya Anda tidak ingin disebut sebagai seseorang yang cocok dengan peribahasa berikut ini, "Besar Pasak daripada Tiang." Belanjakan uang penghasilan Anda sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda, jangan berjiwa konsumtif. Rasa "haus" untuk memiliki sesuatu yang Anda inginkan, hendaknya dapat Anda kendalikan, jangan malah kalah. Melatih diri untuk bijaksana mengatur pengeluaran Anda sedini mungkin, akan menyelamatkan kehidupan finansial Anda di masa depan.

Hidup bukan untuk hari ini saja, masih ada hari esok yang juga memerlukan pengeluaran. Oleh karena itu, mari bijaksana dalam mengatur pengeluaran kita selagi muda, agar masa depan kita akan selalu aman dari kesulitan-kesulitan keuangan.

Ikuti perjalanan backpacker admin di kanal Traveling

0 Response to "Cara Menabung yang Efektif Walau Penghasilan Kecil"

Post a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan Pulsapedia.com. Kami berhak tidak menayangkan, menghapus, atau mengubah, setiap komentar yang mengandung pelecehan, intimidasi, dan sara.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel