5 Tips Agar Pernapasan Tetap Optimal Saat Berlari

5 Tips Agar Pernapasan Tetap Optimal Saat Berlari
Inilah Tips Agar Pernapasan Tetap Optimal Pada Saat Berlari – Bernapas yang benar merupakan sebuah hal yang harus diterapkan pada saat berlari. Hal ini perlu dilakukan agar kita tidak merasa lelah atau sesak napas pada saat sedang berlari.

Sistem pernapasan memiliki peran penting yang harus diatur pada seorang pelari. Oleh karena itu seorang pelari akan lebih kuat jika membawa banyak oksigen dibandingkan para pelari lainnya. Jadi secara alami jika seorang pelari sedang kehabisan napas saat berlari mereka akan lemah. Hal ini dikarenakan otot-otot yang ada di dalam tubuh memerlukan banyak oksigen untuk aktivitas fisik. Dengan hal ini maka paru-paru akan bekerja  lebih keras untuk bisa menyerap banyak oksigen.

BACA JUGA: Ini Tipe Wanita yang Sering Menjadi Incaran Pria Kaya

Dengan hal ini seorang pelari diharuskan untuk mengatur pola pernapasan yang efisien pada saat berlari agar bisa mendapatkan oksigen yang efektif. Selain itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan juga membuat pelari lebih nyaman. Bagi anda yang ingin mengoptimalkan pernapasan, ada beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan agar pernapasan anda menjadi lebih optimal saat berlari.. Jika anda ingin mencoba, berikut inilah tips mengoptimalkan pernapasan saat berlari.

Tips Mengoptimalkan Pernapasan Saat Berlari

1. Bernapas Melalui Mulut

Bernapas lewat mulut pada saat berlari bisa membuat otot wajah menjadi mengencang dan rahang akan mengeras. Oleh karena itu, pada saat anda berlari cobalah untuk bernapas melalui mulut. Hal ini perlu anda lakukan karena bisa membuat oksigen yang masuk dan juga karbon dioksida yang keluar jauh lebih banyak dibandingkan bernapas melalui hidung.

Selain itu, bernapas melalui mulut bisa membuat otot-otot di wajah menjadi lebih rileks, sehingga bisa membuat anda menjadi lebih tenang dan juga santai pada saat berlari. Kemudian jika napas anda habis, anda bisa memperlambat gerakan kaki anda untuk mengembalikan tenaga di dalam tubuh anda.

2. Menggunakan Pernapasan Perut

Bernapas melalui perut atau diafragma juga bisa membuat pernapasan anda saat berlari menjadi lebih optimal. Ingat, bernapaslah melalui perut bukan melalui dada. Untuk mencobanya anda bisa berbaring telentang dan lihatlah gerakan perut anda pada saat bernapas.

Jika pada saat bernapas anda melihat perut anda naik dan turun pada saat bernapas dan dada anda kurang bergerak, itulah pernapasan yang benar. Anda bisa menerapkan teknik ini pada saat anda sedang berlari.

3. Bernapas dengan Berirama

Hal penting pada saat anda berlari anda diharuskan untuk konsisten yaitu dengan mengatur napas anda agar berirama atau konsisten. Jadi anda dianjurkan sekali agar menarik dan mengeluarkan napas anda secara berirama dan secara konsisten. Contoh untuk mengambil napas bisa anda lakukan pada saat setiap 2 atau 3 langkah sekali pada saat berlari. Tetapi untuk hal ini anda perlu menyesuaikan dengan kondisi dari tubuh anda.

4. Mengambil Napas Pendek

Pada saat anda menarik napas terlalu dalam dan juga panjang, maka juga bisa menyulitkan anda untuk berlari dengan jarak yang jauh atau lama. Oleh karena itu, pada saat anda mengambil napas, lebih baik mengambil napas dengan pendek dan juga tidak terlalu dalam. Dengan hal ini anda bisa mengatur pernapasan anda jauh lebih mudah dan optimal.

5. Mendengarkan Napas

Pada saat anda berlari, libatkan juga telinga anda untuk bisa mengontrol pernapasan. Jadi apabila anda sedang berlari dengarkan juga napas anda. Jika anda mendengar napas anda mulai terengah-engah, sebaiknya anda kurangilah kecepatan anda pada saat berlari. Hal itu perlu anda lakukan agar pernapasan anda menjadi lebuh tenang. Kemudian setelah napas anda sudah stabil, silahkan anda  tingkatkan atau naikkan kembali kecepatan berlari anda.

Bernapas dengan benar dan optimal pada saat berlari adalah hal yang sangatlah penting untuk anda lakukan. Hal ini terjadi karena bisa membantu anda dalam menurunkan stres dan bisa meningkatkan stamina fisik tubuh anda menjadi lebih baik.


Diatas itulah tips mengoptimalkan pernapasan saat berlari yang  bisa saya berikan kepada anda. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta  pengetahuan yang luas.

0 Response to "5 Tips Agar Pernapasan Tetap Optimal Saat Berlari"

Post a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan Pulsapedia.com. Kami berhak tidak menayangkan, menghapus, atau mengubah, setiap komentar yang mengandung pelecehan, intimidasi, dan sara.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel